Menu Close

5 Tips Ampuh Sebelum Anda Membeli atau Menyewa Genset

Kebutuhan akan genset sudah semakin besar untuk berbagai keperluan. Alat yang menerapkan hukum faraday sebagai prinsip kerjanya ini makin dibutuhkan. Penggunaannya yang praktis dan fungsional jadi alasannya. Dengan menggunakan bahan bakar bensin atau diesel, genset menciptakan energi mekanik yang nantinya energi mekanik itulah yang dikonversikan menjadi energi listrik sebagai outputnya. Saat ini banyak tempat penyedia jual genset di medan.

Permintaan genset kian hari kian besar, banyak pihak yang jadi tempat jual genset di medan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membelinya perlu ada beberapa hal yang anda ketahui. Berikut tips dari kami bagaimana memilih genset yang terbaik sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Tentukan daya listrik yang anda gunakan sehari-hari

Sebelum membeli genset, pastikan anda mengetahui dengan pasti berapa kebutuhan daya listrik yang anda perlukan. Jika anda perlu genset untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga anda, maka hitung dulu berapa daya listrik yang anda butuhkan sehari-harinya di rumah.

Begitu juga jika anda perlu genset untuk kebutuhan kantor atau industri. Hitung berapa daya listrik yang diperlukan tempat anda bekerja untuk kegiatan operasional sehari-hari. Setelah mengetahui angkanya dengan pasti, anda bisa mulai mencari tempat jual genset di medan.

  1. Pilih genset yang memiliki daya listrik sesuai dengan kebutuhan anda

Setelah tahu kebutuhan anda, maka selanjutnya mencari genset yang sesuai dengan kebutuhan anda tersebut. Saat mencari genset, sebaiknya anda mencari yang memiliki kapasitas 30% lebih besar dari total daya listrik yang anda butuhkan. 

Hal itu untuk menghindari jika saat menghitung kebutuhan daya listrik kurang tepat sehingga genset tidak berfungsi secara maksimal. Selain itu juga untuk jaga-jaga jika kebutuhan daya listrik anda meningkat.

  1. Pilihlah tipe genset yang menyesuaikan kebutuhan anda

Tipe genset umumnya ada dua, yaitu yang silent dan open. Jika anda membutuhkan genset di dalam ruangan tertutup yang di situ banyak orang bekerja, maka tipe genset terbaik adalah tipe silent sehingga tidak bakal menganggu orang-orang.

Namun apabila anda butuh genset untuk ruangan terbuka dan jauh dari jangkauan banyak orang, maka tipe open bisa anda pilih.

  1. Gunakan bahan bakar yang sesuai

Bahan bakar genset diantaranya bensin, solar, gas, diesel dll. Pilihlah genset yang bahan bakarnya mudah dan murah anda dapatkan di tempat jual genset di medan.

  1. Pastikan suku cadang dari genset yang anda beli bisa mudah didapatkan

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan seperti genset yang rusak, maka salah satu pertimbangan dalam memilih genset adalah pilihlah yang suku cadangnya mudah anda dapatkan dengan cepat. 

Hal ini akan memudahkan anda atau teknisi untuk segera memperbaiki genset yang rusak karena suku cadangnya mudah ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *