Menu Close

Multi Channel Selling Software VS Omnichannel Mana Yang Terbaik untuk Digunakan Pada Bisnis

Ilustrasi ecommerce

Terkadang masih ada sebagian orang yang masih belum paham dengan perbedaan dari multi channel selling software dan omnichannel, sebenarnya keduanya sama-sama melibatkan penjualan di banyak channel baik itu digital maupun fisik. 

Perbedaan Omnichannel dan Multi Channel Selling Software

Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari Omnichannel dan Multi Channel selling software yang nantinya bisa didapatkan oleh perusahaan ketika menggunakan strategi e-commerce tersebut :

1.Multi Channel 

– Sulit ketika memanfaatkan data yang dimiliki agar bisa meningkatkan strategi di masa depan. 

– Setiap channel nantinya tidak akan saling berintegrasi dan pengelolaannya dalam platform yang terpisah. 

– Pada saat memberikan informasi tidak bisa konsisten dan relevan kepada para pelanggannya, karena masing-masing channelnya akan beroperasi dengan cara terpisah. 

– Lebih terfokus ke seberapa banyak jumlah channel yang dipakai. 

  1. Omnichannel 

– Bisa memanfaatkan data yang sudah dimiliki supaya bisa meningkatkan customer experience dan juga satisfaction. 

– Lebih terfokus ke kualitas customer journey yang ada di berbagai macam channel. 

– Mampu dalam memberikan informasi yang konsisten dan juga relevan kepada para pelanggannya, dan tidak akan bergantung dengan channel apa yang dipakai. 

– Keseluruhan channel akan terintegrasi dan dalam pengelolaannya berada di satu platform. 

Inilah yang Lebih Baik diPakai untuk Berbisnis

Baik itu Multi Channel dan Omnichannel, umumnya adalah ketika sebuah perusahaan mempunyai berbagai channel untuk melakukan interaksi dengan para pelanggannya. Hanya saja yang membedakan dari keduanya berasal dari segi fungsi dan juga manfaat yang bisa didapatkan dari perusahaan. 

Perusahaan yang menggunakan strategi multi channel selling software akan memberikan fasilitas untuk pelanggannya berupa kemudahan melakukan komunikasi lewat berbagai macam channel tetapi tidak bisa dikelola ke dalam satu sistem. Setiap channel akan memberikan informasi yang berbeda dan beroperasi secara terpisah, dan dikelola pada platform yang berbeda-beda. 

Sama dengan multi channel yang memakai channel dalam berkomunikasi tetapi yang berbeda adalah pendekatan yang dilakukan, manfaat dan fungsinya. Seperti apa saja channel yang dipakai pelanggan agar bisa terkoneksi ke perusahaan, maka akan tersedia informasi yang sama dan relevan dengan menggunakan preferensi masing-masing. 

Hal ini bisa disimpulkan bahwa semua itu akan tergantung dengan kebutuhan masing-masing dari setiap perusahaan dengan memilih channel yang tepat maka akan memberikan hasil yang maksimal pula. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *