Menu Close

Beberapa Manfaat Sistem ERP E-Commerce Bagi Perkembangan Bisnis UMKM

Ilustrasi sistem ERP e-commerce

Banyaknya para pelaku bisnis yang menggunakan software ERP terlebih para pengusaha UMKM berbasis online yang menggunakan sistem ERP ecommerce untuk meningkatkan bisnis mereka, membuat sistem tersebut semakin populer.

Sistem tersebut diklaim mampu memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi perusahaan dalam berbagai jenis perusahaan seperti perusahaan manufaktur, jasa, ritel, grosir, UMKM bahkan hingga bisnis online. 

Berikut adalah beberapa manfaat ketika sebuah perusahaan menggunakan software ERP, atau para pelaku usaha UMKM berbasis online yang juga menggunakan sistem ERP ecommerce.

Membuat Bisnis Semakin Sederhana

Dalam sebuah bisnis pasti akan terjadi sebuah transaksi jual beli, perencanaan produksi, laporan keuangan, inventarisasi dan lain-lain. Biasanya sebuah perusahaan sudah memiliki karyawan yang kompeten di bidang masing-masing.

Hanya saja ada beberapa perusahaan yang dalam mengerjakan permasalahan operasional tersebut secara manual, sehingga pekerjaan menjadi lama dan menghambat pertumbuhan hasil produksi dan lain sebagainya.

Dengan menerapkan aplikasi ERP, karyawan tidak lagi bekerja secara manual melainkan tersistem secara otomatis. Membuat laporan keuangan kini tidak perlu ribet, cukup dengan satu klik saja maka data yang disajikan adalah real.

Pekerjaan Menjadi Lebih Efisien

Bekerja menggunakan sistem memang lebih efisien, sehingga dapat menghemat waktu dan dapat digunakan untuk menangani pekerjaan lainnya. Hal ini membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai, dan bisa kejar target.

Untuk para pelaku bisnis online tentunya akan mudah ketika menggunakan sistem ERP ecommerce saat membuat stock barang, mempermudah dalam menangani serangkaian transaksi jual beli online hingga pengiriman barang lebih cepat. Kecepatan dalam pengiriman barang dalam sebuah transaksi online adalah nilai plus, sehingga anda tidak akan kehilangan pelanggan.

Hasil Data Lebih Akurat

Dalam sebuah usaha sebuah laporan memiliki nilai yang sangat penting. Dengan berpedoman laporan setiap bulan atau tahun, pelaku bisnis akan mengetahui apakah usaha yang dijalankan mengalami kerugian atau tidak. Jika mendapatkan keuntungan, maka berapa persen keuntungan yang didapatkan.

Menggunakan aplikasi ERP akan meminimalisir kesalahan hitung yang diakibatkan human error. Data yang disajikan real time, lebih akurat dan tidak dapat dimanipulasi. Hal tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan produksi atau penjualan.

Keamanan Data Terjamin

Sistem ERP dapat melakukan monitoring di beberapa titik akses lumayan ketat, selain itu kontrol akses data juga dapat dilakukan oleh admin perusahaan yang menangani sistem tersebut, sehingga keamanan data terjamin.

Selain itu data perusahaan juga dapat disinkronkan dengan ERP Cloud  agar lebih aman. Pencadangan data ke sistem ERP Cloud  membuat data tersebut tetap aman dan dapat dibuka meski server utama sistem ERP mengalami kerusakan. 

Daya Saing yang Meningkat

Kenapa harus menggunakan ERP? Sistem tersebut dirancang sedemikian rupa untuk membantu para pelaku usaha untuk ikut bersaing dalam dunia bisnis. Sistem ERP memiliki banyak kemampuan yang dapat menunjang pertumbuhan bisnis suatu perusahaan. 

Jaman sudah serba digital, pelaku usaha harus mampu bersaing dengan perubahan teknologi yang begitu pesat, sehingga para pelaku bisnis dapat bertahan dalam dunia bisnis. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *