Menu Close

Kenali Perbedaan Dari Alat Tes Kesuburan dan Tes Kehamilan

Ilustrasi seorang dokter sedang melihat hasil tes kesuburuan rahim

Selain adanya alat tes kehamilan, saat ini juga ada alat untuk mengetahui kesuburan seorang perempuan. Hal ini sangat berguna bagi kamu dan pasangan yang sedang menjalankan program untuk memiliki anak dengan memanfaatkan tes kesuburan rahim ini.

Tapi diantara kedua alat tersebut, apa sih yang menjadi perbedaannya? Berikut ini perbedaan yang harus kamu ketahui.

Alat Tes kehamilan

Alat untuk mengetahui kehamilan biasanya memang lebih dikenal dengan sebutan testpack. Tentunya sudah banyak orang mengenal alat ini, khususnya bagi perempuan yang sudah menikah dan berencana ingin memiliki anak.

Testpack sendiri memang sebuah alat sederhana yang mudah digunakan untuk mengetahui kehamilan. Melalui alat ini, ia akan mendeteksi jumlah hormone HCG yang terdapat dalam urin sehingga dapat diketahui kehamilannya.

Biasanya jika terdapat 1 garis saja maka artinya belum hamil tapi jika terbaca dua garis maka kemungkinan besar kamu sedang hamil. Untuk memastikannya, tetap harus melakukan pengecekan ke dokter ya.

Alat Untuk Tes Kesuburan

Pada alat tes kesuburan Wanita biasanya dikenal dengan ovutest. Alat mikroskop ini memang digunakan untuk mengetahui masa subur dari seorang perempuan. Biasanya alat ini akan mendeteksi kadar hormon estrogen seseorang dari air liurnya.

Maka, jika hormon estrogen pada perempuan sedang tinggi artinya kamu sedang dalam masa subur dan merupakan waktu yang baik untuk melakukan hubungan jika sedang dalam program memiliki anak.

Alat ini mirip seperti testpack di mana tingkat akurasinya cukup baik namun, untuk memastikannya lebih lanjut, memang perlu dilakukan konsultasi dengan dokter. Karena alat ini hanya sebagai acuan dan alat bantu untukmu dalam melakukan perhitungan sehingga tidak 100% bisa dipercaya.

Setelah melakukan hubungan, maka kamu dapat menggunakan alat tes kehamilan seminggu setelahnya atau setelah melewati periode menstruasi.

Itulah sedikit perbedaan dari alat tes kesuburan rahim dengan alat tes kehamilan yang harus kamu ketahui. Khususnya kamu yang sedang menjalankan program untuk memiliki keturunan. Semoga informasi ini dapat membantumu lebih sukses di program ini ya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *