Menu Close

Ini Dia Manfaat Ekstrakurikuler di SD Kristen Balikpapan

manfaat ekstrakurikuler di sekolah dasar untuk pengembangan bakat anak

Setiap anak punya minat serta bakat yang berbeda-beda, semakin diasah akan semakin membuatnya mahir dan bisa menjadi profesi yang menguntungkan di masa depannya kelak.

Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler di SD Kristen Balikpapan bisa menjadi wadah bagi pengembangan bakat atau yang masih mencari minat sang murid. Berikut ekstrakurikuler yang umum di sekolah.

Manfaat Ekstrakurikuler

  • Membantu dalam mengasah bakat atau menemukan minat.
  • Melatih kemampuan publicspeaking.
  • Menambah relasi, teman satu minat.
  • Melatih keberanian.
  • Melatih jiwa berorganisasi, kepemimpinan.
  • Memberikan ruang bebas bagi murid untuk mengekspresikan diri diluar pelajaran sekolah.
  • Memperoleh wawasan baru berkaitan dengan kegiatan yang dipilih.
  • Bisa jadi cara untuk menambah prestasi non-akademik.

Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar

  1. Klub Menggambar

Berlatih dan belajar menggambar dari dasarnya biasa diberikan dalam kegiatan ekskul tersebut. Tiap anggota akan dibimbing dan dilatih oleh guru kesenian dari dalam atau luar sekolah.

Kehadiran ekskul ini juga sering kali mengirimkan anggotanya untuk mengikuti beragam lomba yang bisa membantu mengharumkan nama sekolah.

  1. Klub Keagamaan

Memperdalam ilmu agama juga bisa jadi salah satu ekstrakurikuler SD Kristen Balikpapan yang lumayan diminati siswa dan didukung oleh orang tua.

Setidaknya dilakukan seminggu sekali para siswa akan mempelajari ilmu-ilmu baru, mendalami kitab suci, mengadakan kegiatan bakti sosial bersama guru agama atau pendeta.

  1. Klub Musik

Klub musik biasanya memainkan alat musik khas daerah, atau membentuk sebuah grup band bersama para anggota. Murid yang punya kecerdasan di bidang musik bisa mengasah dan unjuk bakat lewat ekskul ini.

  1. Klub Olahraga

Sering jadi langganan menambah prestasi sekolah, klub olahraga seperti futsal, basket, renang rutin melakukan latihan paling tidak seminggu tiga kali.

Selain bisa menambah teman, ilmu, mengembangkan bakat, para anggota juga bisa punya tubuh yang lebih bugar dan sehat berkat latihan rutin tersebut.

  1. Klub Bahasa

Ingin lancar berbahasa asing atau lokal daerah syaratnya adalah sering berlatih. Mendaftarkan diri ke dalam klub bahasa punya manfaat lebih dalam mengasah kemampuan bahasa, publicspeaking serta bersosialisasi.

Kehadiran kegiatan ekskul di SD Kristen Balikpapan yang beragam tersebut punya manfaat baik untuk murid, tidak ada salahnya meluangkan waktu dengan mengikuti kegiatan positif demi menambah wawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *