Menu Close

4 Tahapan Yang Diterapkan Pada Sekolah Kurikulum Cambridge

Ilustrasi sekolah internasional balikpapan

Tahun ajaran baru tidak lama lagi tiba. Itu tandanya pendaftaran sekolah baru pun akan segera dimulai. Di saat seperti ini terkadang membuat para orang tua bingung untuk memilihkan sekolah terbaik untuk buah hati. Di Indonesia ada banyak sekali jenis sekolah yang bisa dipilih mulai dari sekolah negeri atau swasta. Salah satunya adalah sekolah internasional di balikpapan. Sekolah ini merupakan sekolah yang khusus di dalamnya menerapkan kurikulum cambridge yang berasal dari Inggris dan sudah diakui sebagai kurikulum international. Peserta didik di sekolah ini akan diajarkan dengan sistem kurikulum yang berbeda dimana mereka akan didik menjadi pribadi yang lebih open minded dan berwawasan internasional. 

Di sekolah kurikulum cambridge terbaik di Indonesia sudah mempunyai kualitas sama dengan sekolah berbasis kurikulum cambridge di beberapa negara. Mereka menerapkan sistem belajar dengan beberapa tingkatan seperti berikut ini, yaitu : 

  1. Cambridge primary

Jenjang pembelajaran cambridge primary ditujukan untuk  anak  yang berusia 5-11 tahun. Tujuan dari jenjang ini  adalah untuk  mengajarkan dan juga mengarahkan anak agar dapat mencapai semua hal yang seharusnya bisa dicapai di usia awal. Proses pembelajarannya dilakukan dengan menggunakan full  bahasa Inggris dan dijadikan sebagai  bahasa pengantar utama. Selain itu ada beberapa mata pelajaran lainnya yang diajarkan seperti matematika, sains, Cambridge Global Perspectives, dan lainnya. 

  1. Cambridge Lower Secondary

Jenjang pembelajaran  Cambridge lower secondary ini diperuntukkan untuk anak yang berusia 11-14 tahun . Tujuannya adalah untuk mengembangkan dan mendalami keterampilan yang dimiliki anak. Program Cambridge Lower Secondary akan berlangsung dalam waktu   tiga tahun dengan menggunakan bahasa Inggris dan pelajaran lain seperti matematika, dan sains.

  1. Cambridge Upper Secondary

Cambridge upper secondary adalah salah satu  sekolah kurikulum cambridge kelanjutan dari jenjang sebelumnya, Cambridge Upper Secondary merupakan sebuah  program yang diperuntukan untuk anak  usia 14-16 tahun. Siswa bisa memilih program ini dengan menggunakan 2 cara, yaitu Cambridge IGCSE dan Cambridge O Level. Meskipun program lanjutan, setiap siswa tidak diwajibkan untuk mengikuti atau  menyelesaikan tahapan Cambridge Lower Secondary ini. 

  1. Cambridge Advanced

Sama dengan  namanya, program cambridge Advance  diperuntukkan bagi anak usia remaja sekitar 16-19 tahun. Tujuan dari tahap ini  adalah untuk mempersiapkan siswa masuk  ke jenjang universitas. Pada tahapan ini, siswa  akan diberikan pilihan untuk menggunakan Cambridge International AS & A Level atau  Cambridge Pre-U.

Itulah 4 jenjang pembelajaran dalam sekolah kurikulum Cambridge International. Semoga bermanfaat ya dan semoga Anda tertarik bersekolah di sekolah kurikulum Cambridge.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *