Menu Close

Berikut Ini Fungsi Serta Pengaruh Sistem ERP Ecommerce Untuk UKM

pria sedang menggunakan laptop

ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning yaitu sebuah model sistem informasi yang memungkinkan organisasi penggunanya mengotomasi dan mengintegrasikan proses-proses dalam bisnis utama. Nantinya sistem ERP ecommerce dapat membantu menyelesaikan berbagai hambatan fungsional yang tradisional di dalam bisnis dengan memberikan fasilitas berbagi data, informasi, dan menyalurkan praktik bisnis yang umum.

Fungsi Sistem ERP

Pada dasarnya sistem ERP yang berupa software atau aplikasi ini sangat bermanfaat bagi perusahaan karena dapat memberikan laporan dalam bentuk yang lengkap, akurat, dan juga real time dalam hal seperti sumber daya manusia, sumber daya material, dan mesin. Bertujuan untuk membantu manajemen dalam melakukan perencanaan bisnis di masa depan, dengan ini manajemen nantinya dapat memutuskan sebuah keputusan dengan cepat yang berpengaruh pada perkembangan bisnis.

Selain itu, tidak melihat apa saja jenis perusahaan yang sedang dijalankan, sistem ERP dipercaya dapat menyesuaikan dengan proses bisnis yang diterapkan pada perusahaan, yang paling penting adalah memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan aplikasi sehingga mudah menggunakan data.

Sistem yang berupa software atau aplikasi ini tentunya memiliki fungsi yang bermanfaat jika diintegrasikan dengan e-commerce, 

berikut ini adalah fungsi sistem ERP yang perlu diketahui:

  • Manajemen Akuntansi

Sistem ERP ecommerce ini akan membantu perusahaan untuk menggabungkan perangkat akuntansi yang lama dengan yang baru sehingga perusahaan bisa melacak data keuangan dari waktu ke waktu dengan mudah serta bisa mendapatkan data dan informasi dengan lengkap.

  • Manajemen Sumber Daya Manusia

Tidak hanya membantu dalam data keuangan saja, tetapi sistem ini juga akan membantu dalam menggunakan data perusahaan untuk mengelola karyawan dengan lebih efektif.

  • Manajemen Hubungan Pelanggan

Fungsi sistem ERP lainnya adalah sistem ini dapat membantu perusahaan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan, seperti mengecek waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi pesanan pelanggan, sampai membantu tim penjualan untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan.

Apa Pengaruh Sistem ERP E-Commerce Untuk UKM?

Bagi para pebisnis yang memiliki usaha kecil dan menengah dan menggunakan sistem elektronik berupa e-commerce rasanya wajib menerapkan ERP pada bisnisnya tersebut. Adapun jenis ERP yang terbaik untuk digunakan oleh bisnis kecil menengah adalah yang berbasis cloud. 

Dengan menerapkan sistem ERP ecommerce para pebisnis akan diuntungkan lewat cepatnya proses informasi di seluruh jaringan bisnis, menurunkan kompleksitas serta meningkatkan otomatisasi, adanya dorongan kerjasama yang produktif dan cerdas, serta bisnis dan operasional yang lebih optimal.

Jadi, dapat dilihat dengan mengintegrasikan sistem ERP ecommerce dapat membawa pengaruh yang sangat signifikan terhadap bisnis kecil menengah di e-commerce agar seluruh informasi mudah diakses dan dapat dijadikan sebagai sebuah investasi untuk saat ini dan tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *