Menu Close

Mari Mengenal Tiga Bentuk Sekolah Integrasi

Ilustrasi siswa belajar

Mengenai sekolah integrasi smp favorit balikpapan, bentuk layanan yang dimilikinya adalah sistem pendidikan yang memberi kesempatan pada anak dengan kebutuhan khusus agar bisa belajar bersama dengan anak normal di sekolah reguler. Dengan sistem integrasi seperti itu, anak dengan kebutuhan khusus bisa bersekolah satu atap dengan anak normal lainnya.

Sistem pendidikan integrasi bisa juga disebut sebagai sistem pendidikan terpadu. Artinya adalah sistem yang membawa anak dengan kebutuhan khusus ke dalam suasana keterpaduan dengan anak normal. Keterpaduan yang ada bisa bersifat sebagian, menyeluruh, atau keterpaduan yang berada dalam rangka sosialisasi.

Pada sistem keterpaduan sebagian dan menyeluruh, jumlah anak dengan kebutuhan khusus berada dalam satu kelas maksimal hingga 10% dari keseluruhan jumlah siswa. Selain itu, hanya terdapat satu jenis kelainan dalam satu kelas. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga agar beban dari guru kelas tidak akan terlalu berat dibandingkan harus melayani kelainan yang bermacam-macam.

Ada tiga bentuk sekolah integrasi menurut Departemen Pendidikan Nasional (1986), antara lain:

Bentuk Kelas Biasa

Bentuk satu ini memberikan anak dengan kebutuhan khusus kesempatan belajar di kelas biasa sepenuhnya denga kurikulum yang ada. Karena itu, diharapkan ada bantuan dan pelayanan guru kelas atau bidang studi secara maksimal. Dalam bentuk ini, guru pembimbing khusus memiliki fungsi hanya sebagai konsultan kepala sekolah, guru kelas atau bidang studi, atau orang tua anak kebutuhan khusus.

Pendekatan, metode, hingga cara penilaian tidak berbeda dengan sekolah umum. Namun dalam beberapa mata pelajaran disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Kelas Biasa Disertai Ruang Bimbingan Khusus

Bentuk sekolah integrasi ini berarti anak dengan kebutuhan khusus belajar dalam kelas biasa dengan kurikulum biasa dan pelayanan khusus dalam mata pelajaran tertentu yang tidak bisa diikuti anak dengan kebutuhan khusus dengan anak normal. Pelayanan tersebut diberikan dalam ruang bimbingan khusus dengan guru pembimbing khusus dengan pendekatan individu dan metode yang disesuaikan.

Ruang bimbingan dilengkapi dengan peralatan khusus dalam memberikan bimbingan dan latihan khusus. Misal terdapat alat tulis braille untuk anak tunanetra dan lain sebagainya.

Bentuk Kelas Khusus

Bentuk terakhir dari tiga bentuk sekolah integrasi smp favorit balikpapan ini anak dengan kebutuhan khusus mengikuti pendidikan seperti halnya di SLB penuh dalam kelas khusus di sekolah reguler. Keterpaduan tersebut bisa juga disebut lokal atau bangunan atau bersifat sosialisasi.

Pada tingkat ini, guru pembimbing khusus sebagai pelaksana program dengan pendekatan, metode hingga cara penilaian seperti di SLB. Sifatnya sendiri adalah fisik dan sosial, yang berarti anak dipadukan untuk kegiatan non akademik.

Pendidikan integrasi sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Meski pendidikan di Indonesia masih perlu ditingkatkan, sekolah integrasi diharapkan bisa memberikan kesempatan anak dengan kebutuhan khusus bersekolah smp favorit balikpapan seperti anak normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *