Menu Close

Pentingnya Logistik E-commerce dan Peluang Bisnis di Dalamnya

jasa logistik e-commerce

Beberapa tahun ke belakang bisnis belanja online atau e-commerce semakin berkembang dan banyak jumlahnya. Berbagai kemudahan dalam proses pembelian dan banyak diskon yang ditawarkan turut menjadi faktor pendukung di samping kemajuan internet dan teknologi. Terlebih setelah pandemi menyerang yang membuat belanja offline dibatasi sehingga opsi pun hanya tinggal belanja online.

Dengan tidak bertemunya secara langsung antara penjual dan pembeli maka barang tidak bisa diberikan begitu saja. Inilah pentingnya jasa logistik e-commerce. Dalam melakukannya pengelola e-commerce bisa melakukannya sendiri ataupun menyerahkannya pada perusahaan kurir yang bekerja sama dengan mereka.

Hal ini tentu membuka lapangan kerja dan usaha baru di bidang logistik bagi siapapun yang jeli melihat fenomena ini.

Apa Itu Logistik?

Logistik berkaitan dengan serangkaian proses yang harus dilakukan yang meliputi berbagai kegiatan mulai dari perencanaan, eksekusi, juga pengawasan pada suatu proses pindahnya suatu barang atau jasa atau objek lainnya dari tempat awal objek itu berada hingga sampai ke calon penerima.

Setidaknya terdapat 3 kegiatan inti dari jasa logistik e-commerce, yaitu:

  1. Aktivitas ini meliputi pengemasan, menyaring dan memilah-milah barang untuk dikirimkan sesuai jenis barang dan daerah tujuannya
  2. Aktivitas ini merupakan transportasi barang dari satu processing center ke processing center lainnya atau semacam gudang pemberhentian sebelum barang dikirimkan ke pembeli
  3. Merupakan aktivitas akhir dari logistik yaitu mengantar barang ke alamat pembeli

Meskipun Indonesia sudah masuk sebagai salah satu negara yang pertumbuhan e-commerce nya tercepat di dunia, namun sistem logistiknya masih tertinggal dibanding negara lain seperti China. Meskipun begitu pertumbuhan dan perkembangan sistem logistik akan selalu terus dilakukan demi kenyamanan bersama antara pengelola e-commerce, penjual, penyedia jasa ekspedisi, dan tentunya juga anda sebagai pembeli.

Apa Ukuran Keberhasilan Jasa Logistik e-commerce?

Keberhasilan suatu jasa logistik e-commerce bisa dilihat dari segi kualitas, biaya, dan waktu. Semakin tinggi kualitas proses logistik, memakan biaya yang minimalis, dan waktu pengiriman hingga sampai ke pembeli dengan cepat maka logistik tersebut sangat sukses.

Adanya sistem logistik yang baik dan canggih bisa memberikan layanan yang lebih memuaskan dan menguntungkan baik untuk pelaku usaha maupun pelanggan. Bagi pelaku usaha membuat mereka bisa menerima layanan logistik yang baik dan lengkap seperti pengemasan, penyimpanan di gudang yang aman, sampai pengiriman barang yang aman hingga ke tujuan dengan biaya dan waktu yang terjangkau.

Sedangkan bagi pelanggan mereka bisa mengawasi barang pembelian mereka secara langsung, sudah sampai mana, dan berapa estimasi waktu pengantaran sampai rumah mereka. Belanja dari tempat kasur dengan jaminan keamanan yang tinggi tentunya bakal menjadi pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *