Menu Close

E-commerce Enabler, Rahasia Toko Online Laris Manis

Gambar perempuan sedang menatap laptop

Dengan perkembangan teknologi yang cepat berbelanja secara online jauh lebih diminati masyarakat Indonesia di masa kini. Karena itu sebagai seorang pengusaha dengan lapak online, perlu memaksimalkan pelayanan online secara efektif dan menyenangkan. Hal ini akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan e-commerce enabler Indonesia, tetapi sayangnya masih banyak yang belum memahami tentangnya.

Pengertian E Commerce Enabler

Sederhananya ecommerce enabler adalah perusahaan yang melayani dengan menyediakan solusi secara penuh atau Sebagian untuk brand yang berbasis pada e commerce. 

Layanan yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari manajemen toko online, konsultasi bisnis, manajemen konsumen, manajemen inventaris, layanan pelanggan, pemasaran digital, pemenuhan pesanan, Gudang penyimpanan, sampai mengembangkan sistem dan teknologi untuk mengembangkan bisnis online anda. 

Tidak hanya menjadi solusi untuk kebutuhan mendorong penjualan secara efektif. Namun akan membantu bisnis anda untuk terus berkembang sesuai dengan perubahan strategi promosi dan pemasaran terbaru sesuai tren yang digunakan di platform atau e commerce marketplace. 

Cara Kerja Ecommerce Enabler

Umunya, terdapat tiga cara kerja dari e-commerce Enabler Indonesia

  1. Pengoperasian umum

Pertama adalah pengoperasian umum atau General Operation Model. Cara kerjanya adalah dengan mengelola brand toko online serta memberikan pelayanan untuk penjualan dengan basis ecommerce secara penuh. Namun anda akan tetap menanggung biaya pemasaran dan promosi dari toko online. Sedangkan pendapatannya berbentuk fee ditambah komisi dari penjualan.

  1. Distribusi

Cara kerja Ecommerce Enabler berikutnya adalah dengan cara distribusi. Dengan cara ini, penyedia layanan e-commerce akan membeli produk dari brand anda dengan biaya sendiri, kemudian mendirikan lapak online di ecommerce untuk penjualannya. Anda hanya perlu mengirimkan barang secara partai atau jumlah besar, dan biaya setelahnya anda tidak perlu ikut menanggung.

Memang tanggung jawab untuk penjualan dipegang oleh penyedia layanan e-commerce enabler Indonesia. Namun tetap membuka kemungkinan untuk pihak pemilik brand dan enabler melakukan kerja sama dalam sebuah kampanye penjualan untuk meningkatkannya.

  1. Layanan Konten

Terakhir adalah cara kerja layanan konten atau biasa disebut content service model. Tidak sedikit penyedia layanan ecommerce enabler Indonesia yang menggunakan cara kerja ini. Cukup sederhana, penyedia layanan e-commerce enabler Indonesia akan memberikan pelayanan untuk link tertentu dari pengoperasian brand anda. 

Selain itu, penyedia layanan juga bisa memberikan solusi perencanaan pemasaran sebuah produk atau aktivitas yang ditujukan untuk membantu proses pelaksanaan perencanaan tersebut. Tidak seperti kedua cara yang sebelumnya, pada cara kerja ini penyedia layanan e-commerce enabler Indonesia akan membebankan biaya operasionalnya pada brand anda, sekaligus komisi yang berhak mereka dapatkan.

Itulah ulasan tentang ecommerce enabler, mulai dari pengertian serta cara kerjanya, yang bisa menjadi pertimbangan anda menggunakan pelayanannya untuk meningkatkan penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *